Jelang Lebaran, AKBP Didit BWS Himbau Masyarakat Waspada Pelaku Kejahatan

oleh

Polres Trenggalek – Menjelang perayaan Idul Fitri atau Lebaran tahun ini, Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. mengingatkan masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati terhadap para pelaku kejahatan utamanya pencurian  . Hal tersebut diungkapkan Kapolres Trenggalek saat memberikan arahan kepada Perwira dan anggota saat mengambil Apel Pagi. Senin (04/06)

AKBP Didit mengatakan, berdasarkan hasil analisa dan evaluasi 2 minggu terakhir terdapat kecenderungan gangguan Kamtibmas seperti pencurian mengalami tren kenaikan. Oleh sebab itu, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk menggelar pola Kepolisian terpadu antar satuan.

“Semua tingkat satuan betanggung jawab terhadap kondusifitas Kamtibmas di Trenggalek sesuai Tupoksi dan tataran kewenangan masing-masing. Pastikan pola Preemtif, Preventif dan represi atau penegakan hukum berjalan dengan baik.” Kata AKBP Didit dihadapan peserta apel.

Kapolres meminta agar intensitas patroli lebih ditingkatkan lagi. Tidak hanya pada sentra aktifitas masyarakat tetapi juga pemukiman maupun daerah rawan lainnya berdasarkan analisis crime indeks yang ada. Selain itu, perlu sosialisasi secara masif agar masyarakat lebih waspada dan mampu mengamamkan diri sendiri maupun lingkungannya.

“Manfaatkan semua potensi yang ada, sumberdaya kita untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat. Sehingga di bulan Ramadhan dan lebaran nanti masyarakat bisa menjalankan ibadah dengan tenang dan  nyaman.” Imbuhnya

Terpisah, AKBP Didit berpesan agar masyarakat bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri, tidak bergantung kepada aparat Kepolisian mengingat jumlah personel dan sarana yang terbatas.

“Aktifkan kembali Siskamling. Ini sangat efektif untuk mencegah kejahatan dilingkungan. Kemudian secara individu mengamankan diri sendiri seperti mengunci pintu dan jendela rumah. Mematikan listrik saat bepergian. Mengunci kendaraan bermotor, jika perlu ditambah dengan kunci tambahan. Pastikan bahwa rumah benar-benar aman.” Pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *