Polsek Munjungan : Dialogis Polisi Di Pantai Blado Dengan Warga Nelayan Upaya Cegah Dini Persoalan Sosial

oleh

Polres Trenggalek – Potensi kerawanan jangka panjang yang mengusik ketentraman dan kedamaian dalam koridor keamanan perlu diantisipasi sedini mungkin dengan harapan biar tidak jadi bom waktu yang suatu saat akan meletus jadi persoalan. Pendekatan personil Polsek Munjungan Polres Trenggalek kepada warga nelayan yang menghuni kawasan pesisir pantai Blado tanpa bosan, pesan himbahuan larangan pendirian bangunan permanen sambil patroli juga sering disampaikan.

Upaya serta usaha yang tidak mudah dalam proses pendekatan humanis kepada warga nelayan tersebut. Dengan karakteristik yang terkesan keras dalam berpendapat dilingkup sebagian para warga nelayan penghuni pesisir pantai, butuh metode-metode pendekatan yang tepat. Aiptu Suryono saat patroli dikawasan tersebut sempat bertemu saudara Lahuri yang sedang membangun diarea pesisir. “Selamat siang pak, bangunannya bagus sekali dan cocok untuk istirahat, tapi tolong jangan bangunan permanen bsk bila ada penataan dari pemerintah tidak banyak ruginya” ujar Aiptu Suryono, selasa 22/5/18.

Pada prinsipnya upaya sederhana berupa himbahuan dari Polsek Munjungan Polres Trenggalek tersebut sebatas antisipasi dini, sedangakan kewenangan mutlak ada pada Pemerintah Kabupaten Trenggalek yang menangani masalah penertiban teraebut. (red/is)