Pupuk Jiwa Nasionalisme Dengan Lakukan Upacara Hari Kebangkitan Nasional

oleh

Polres Trenggalek – Wakapolsek Kampak Polres Trenggalek Ipda Suswanto, S.H. bersama beberapa orang anggota menghadiri upacara hari kebangkitan nasional ke 110 yang dilaksanakan dihalaman kantor kecamatan Kampak. Senin (21/05/2018).

Letak geografis Indonesia yang berada di antara dua benua dan dibatasi dengan dua samudra menjadikan Indonesia merupakan suatu negara yang kaya, tidak saja dari segi kekayaan hayati tetapi juga kaya akan khasanah budaya. Keaneka ragaman suku bangsa yang mendiami bumi nusantara dengan sifat geografis yang berbeda memunculkan keaneka ragaman pula pada seni budaya, bahasa, adat istiadat, tata cara, kebiasaan, dan status sosial masyarakat.

Keaneka ragaman  ini sebenarnya merupakan suatu aset bagi Indonesia, karena ia merupakan suatu keindahan dan sekaligus juga menjadi suatu kekuatan. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban kita untuk dapat menjaga dan melestarikannya dari pengaruh buruk yang datang dari masuknya budaya asing ke dalam masyarakat.

Di era globalisasi sekarang ini pengetahuan tentang keaneka ragaman latar belakang dan budaya bangsa  perlu untuk diketahui, dipelajari dan dipahami  khususnya oleh generasi muda, baik melalui jalur pendidikan formal maupun non formal. Upaya ini perlu dilakukan dalam rangka membentuk karakter bangsa yang berkeadaban, mampu bersikap damai di tengah perbedaan, menebarkan benih cinta kasih kepada sesama, serta mengedepankan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tampaknya hal ini sudah disadari oleh para pendiri negara ini. Bahwa untuk membangun bangsa yang kuat diperlukan keteguhan dalam menjaga nilai-nilai budaya yang dapat mempersatukan masyarakat Indonesia yang majemuk. Dengan diikrarkannya Sumpah Pemuda di tahun 1928 hal ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia mempunyai komitmen tinggi untuk menjaga nilai nilai budaya bangsanya sebagai bagian dari kehidupannya.

Dalam rangka memperingati HARKITNAS ke 110 tahun 2018 sudah menjadi kewajiban  kita untuk tetap selalu menjaga nilai-nilai luhur budaya bangsa dengan menjadikannya pedoman kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Semoga dengan dilakukannya upacara hari kebangkitan nasional ini dapat memupuk jiwa nasionalisme di sanubari kita sehingga kita menjadi bangsa yang kuat dan tidak mudah diadu domba oleh kepentingan oknum yang tidak bertanggung jawab, dan yang terpenting dukung upaya POLRI untuk memberantas pelaku penyebar berita bohong atau hoax, isu SARA dan ujaran kebencian.” Ujar Wakapolsek Kampak Polres Trenggalek Ipda Suswanto, S.H.