Lebih Aman dan Efektif Agar Lokasi Pertokoan memasang CCTV

oleh

Polres Trenggalek – Patroli dialogis yang dilaksanakan Personel Polsek Pule Polres Trenggalek Bripka Saiful dan Bripka Arif ke Swsalayan Yuris pada Minggu Malam ( 20/05 ). Disampaikanya pengamanan yang lebih akurat dalam mengamankan lokasi tempat penjualan barang dengan memasang CCTV ,hal ini untuk menghindari dan pencegahan pelaku kriminal saat ramainya toko di sela –sela menangani pelanggan saat Ramadhan.

 

Biasanya mendekati lebaran kejahatanpun bertambah denga munculnya kejahatan pencurian,tipu-tipuan modus gendam juga mengiringitrend kejahatan jelang lebaran. Dalam mengantisipasi kejahatan pencurian di toko, pencegahanya selain pengawasan dari pelayan juga pemasangan CCTV langkah yang bagus.

 

Menurut penyampaian personel Polsek Pule Polres Trenggalek Bripka Saiful kepada pelayan toko Yuris, CCTV (Closed Circuit Televison) adalah penggunaan kamera video untuk mentransmisikan signal video ke tempat spesifik, dalam beberapa set monitor. Berbeda dengan siaran televisi, sinyal CCTV tidak secara terbuka ditransmisikan. Sistem CCTV biasanya terdiri dari komunikasi fixed (dedicated) antara kamera dan monitor.

 

Lebih lanjut penyampaian Bripka Saiful Personel Polsek Pule Polres trenggalek ,Teknologi CCTV modern terdiri dari sistem terkoneksi dengan kamera yang bisa digerakkan (diputar, ditekuk, dan di-zoom), dapat dioperasikan jarak jauh lewat ruang kontrol, dan dapat dihubungkan dengan suatu jaringan baik LAN, wireless-LAN maupun internet.

 

Kamera CCTV sejak awalnya memang di buat untuk keperluan pengawasan keamanan (security surveillance system)  untuk antisipasi  tindak kejahatan kriminal (crime action), pencurian perampokan, dan banyak hal lainnya sehubungan dengan tindak kejahatan dan kegiatan kegiatan yang tidak diinginkan. Kemajuan teknologi saat ini membuat kamera ini tidak hanya untuk memantau secara langsung lewat monitor, tetapi sudah dilengkapi system perekam kamera CCTV dengan menggunakan media penyimpan Hard disk.

 

System ini kita kenal sebagai DVR ( Digital Video Recorder ) peralatan ini merupakan pelengkap suatu  system instalasi kamera CCTV,  dengan adanya DVR ini pengawasan bisa dilakukan tanpa memonitor setiap saat didepan layar monitor , karena setiap detiknya semua kejadian terekam dan bisa di putar ulang, jelas Bripka Saiful dalam dialogisnya.