Kanit Sabhara Sambangi Warga Usai Laksanakan Safari Dhuhur

oleh

Polres Trenggalek – Disamping melaksanakan tugas patroli, Kanit Sabhara Polsek Suruh Polres Trenggalek Ipda Siswanto bersama anggota juga melaksanakan kegiatan patroli dialogis dengan warga untuk memberikan himbauan dan sampaikan pesan pesan kamtibmas secara langsung kepada masyarakat.

Kegiatan patroli dialogis tersebut dilakukan agar masyarakat bisa menjadi Polisi bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitarnya, seperti yang dilaksanakan pada siang ini Sabtu (19/05) unit patroli Polsek Suruh Polres Trenggalek usai melaksanakan Sholat dhuhur berjamaah didesa Ngradu menyempatkan diri singah di Balaidesa Ngrandu untuk bertemu dengan perangkat Desa dan warga yang sedang mengurus surat di Balaidesa.

Dalam kesempatan itu Kanit Sabhara Polsek Suruh Polres Trenggalek Ipda Siswanto tidak lupa untuk memberikan himbauan dan sampaikan pesan pesan kamtibmas, serta mengajak para remaja Desa Ngrandu untuk lebih bijak dalam bermedsos, serta tidak mudah terpengaruh dengan berita berita yang tidak jelas kebenarannya (hoax) ataupun berita berita yang sifatnya hate speech (ujaran kebencian) yang banyak muncul di berbagai media sosial.

“Berita hoax yang menyebarkan kebencian, fitnah, adu domba antargolongan merupakan tindakan yang membahayakan kita sebagai bangsa yang bernegara,” terang Ipda Siswanto.

Ia menjelaskan bahwasannya secara hukum di Indonesia, tentang penyebaran berita berita bohong dan ujaran kebencian melalui media sosial sudah diantisipasi melalui UU tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), yakni UU Nomor 11/2008 yang kemudian direvisi dengan UU Nomor 19/2016, di dalam UU ITE tersebut telah diatur ancaman hukuman yang tegas atas penyebar berita bohong yang disebarkan melalui media elektronik, tepatnya transaksi elektronik.

Selain itu Kanit Sabhara Polsek Suruh Polres Trenggalek Ipda Siswanto juga menyampaikan bahwasannya dalam menyikapi berita berita bohong (hoak) agar lebih berhati hati dan bijak menanggapi pemberitaan agar tidak mudah terprovokasi. Khususnya kepada para remaja di himbau agar lebih santun dan bijaksana menggunakan media sosial hindari dan cegah ujaran kebencian yang mengarah kepada isu Sara, penghinaan kepada kelompok tertentu atau pun perbuatan yang tidak menyenangkan, serta tidak mudah meneruskan berita berita yang tidak jelas sumber dan kebenarannya.

Ditempat terpisah saat ditemui Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP H Yasir WSD, SH menerangkan bahwa dengan dilaksanakannya patroli dan dialogis dengan warga maka pelaksanaan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dapat lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dan dengan patroli dialogis akan dapat diperoleh informasi lebih banyak dari masyarakat mengenai situasi kamtibmas yang terjadi diwilayah ditengah trngah masyarakat.

“Didalam menjaga kondusifitas kamtibmas yang ada diwilayah Kecamatan Suruh, kajaran Polsek Suruh Polres Trenggalek tidak mungkin bisa bertindak sendirian tanpa adanya dukungan dari semua pihak termasuk warga yang peduli akan keamanan dan ketertiban lingkungan masing masing, mengingat sumber daya manusia yang dimiliki oleh Polsek Suruh Polres Trenggalek pada saat ini sangat terbatas,” jelas AKP H Yasir.