Bhabinkamtibmas Sukokidul Hadiri Musyawarah Desa Dalam Padat Karya Tunai

oleh

Polres Trenggalek – Brigadir Yohan syah salah satu Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek dalam Kegiatan sosialalisasi penerima bantuan dari Jalin Matra dan Padat Karya Tunai desa, yang siselenggarakan di balai desa Sukokidul, pada Senin ( 07/05 ). Dalam mendukung adanya Kegiatan tersebut unsur tiga pilar di hadirkan untuk memberikan kontribusi penyampaian terkait Kegiatan Padat karya Tunai desa dan sekaligus acara Jalin Matra.

 

Kegiatan yang diikuti oleh anggota BPD dan penerima bantuan Jalin Matra, juga dihadiri dari pendamping desa yang memberikan sambutan saat acara. Dengan penyampaian barang yang bakal diterimakan bukan dalam bentuk uang akan tetapi dalam bentuk barang yang bisa digunakan dalam rangka peningkatan kesejahteraan warga.

 

Berbicara dalam Kegiatan padat Karya tunai desa, menurut penyampaian Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Brigadir Yohan,”Guna mendukung percepatan pengentasan kemiskinan di perdesaan pada 2018 melalui program padat Karya tunai desa  (cash for work) yang akan menggunakan dana desa.”

 

Pemerintah melalui Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan agar dana desa bisa segera dicairkan pada Januari 2018 untuk mendukung dan segera melaksanakan program kerja padat karya tunai di desa. Program padat karya tunai (cash for work) merupakan bentuk komitmen Pemerintah untuk terus mendorong optimalisasi dana desa demi mendukung percepatan pengentasan kemiskinan dengan memberikan afirmasi pada desa tertinggal dan sangat tertinggal dengan jumlah penduduk miskin serta tingkat stunting yang tinggi.

 

Program padat karya tunai di pedesaan disebut pula sebagai cash for work di mana suatu proyek di desa dilakukan secara swakelola dan pekerja proyek diupah harian. Program padat karya di desa itu dilakukan melalui skema dari penggunaan dana desa atau proyek-proyek kementerian, seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kementerian Pertanian.