Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah Guna Wujudkan Kamtibmas Yang Aman Dan Kondusif

oleh

Polres Trenggalek – Guna menumbuhkan kemitraan diantara Polri dan masyarakat serta dalam rangka menciptakan situasi dan kondisi kamtibmas yang aman dan kondusif, Bhabinkamtibmas jajaran Polsek Suruh Polres Trenggalek selalu hadir bersama tiga pilar dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh warga desa binaannya.

Seperti pada Minggu malam (06/05) Bhabinkamtibmas Desa Gamping Polsek Suruh Polres Trenggalek Bripka Agus Mulyono, SH, MH bersama tiga pilar Desa Gamping menghadiri kegiatan pengajian umum dalam rangka Haflah Akhirusanah Madrasah Diniyah Nurul Huda Desa Gamping bertempat di Masjid AL – Amin Rt 24 Rw 03 Dusun Karangturi, Desa Gamping, Kecamatan Suruh.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Camat Suruh Drs Agus Utoyo, Kepala Desa Gamping Asrofi, SH, Bhabinkamtibmas Desa Gamping Polsek Suruh Polres Trenggalek Bripka Agus Mulyono, SH, MH, Bhabinsa Desa Gamping Serda Heri S, Kh Mualim dari Kecamatan Bandung Tulungagung (Penceramah) serta para tokoh agama dan jamaah sekitar 350 Orang.

Dalam kesempatan itu Bhabinkamtibmas Desa Gamping Polsek Suruh Polres Trenggalek Bripka Agus Mulyono,SH,MH menyampaikan bahwasannya pada tahun 2018/2019 merupakan kalender pesta demokrasi bagi seluruh rakyat, kami mengajak kepada seluruh warga untuk dapat bekerja bersama dalam meningkakan kwalitas toleransi umat beragama, memahami dan menyikapi perbedaan dengan pengertian, menerima perbedaan menjadi suatu pondasi utama didalam persatuan dan kesatuan serta dapat menghindari adanya persikusi dan main hakim sendiri.

“Kami minta untuk seluruh warga dapat mewaspadai adanya kejahatan konvensional, kejahatan diruang publik seperti adanya pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan dan pencurian kendaraan bermotor,” kata Bripka Agus.

Ia juga mensosialisasikan adanya Operasi Patuh Semeru 2018 yang dilaksanakan dari tanggal 26 April sampai dengan 09 Mei 2018 serta mengajak masyarakat untuk dapat patuh terhadap setiap peraturan dan tata tertib berlalu lintas guna untuk mewujudkan keselamatan dijalan raya serta menekan terjadinya angka kecelakaan lalulintas.

“Kami mengajak kepada seluruh warga Desa Gamping untuk dapat meningkatkan pencapaian ukhuwah islamiah, ukhuwah basyariah demi kondusifitas kamtibmas serta kami minta kepada warga yang melihat adanya Potensi gangguan kamtibmas untuk segera menghubungi Bhabinkamtibmas atau segera melapor ke Polsek Suruh Polres Trenggalek untuk dapat diantisipasi sedini mungkin,” pungkas Bripka Agus Mulyono.

Sementara itu Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP H Yasir WSD, SH saat dihubungi mengatakan bahwasannya telah mengintruksikan kepada anggota Bhabinkamtibmas agar selalu aktif hadir dalam semua kegiatan yang ada didesa binaannya, disamping itu untuk menjalin silaturahmi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda maupun tokoh yang lainnya sangatlah penting, guna menyampaikan pesan dan himbauan tentang kamtibmas.

“Kalau masyarakat sudah merasa dekat dengan Polisi, apabila ada sesuatu kejadian akan dapat cepat terdeteksi karena masyarakat cepat respon untuk segera melaporkan kejadian yang ada di lingkungannya,” jelas Kapolsek Suruh.

“Dengan cepatnya laporan dari masyarakat, kejadian yang tidak kita harapkan bisa dicegah sedini mungkin, sehingga kondusifitas kamtibmas dimasing masing lingkungan tetap terjaga dengan baik,” pungkas AKP H Yasir.