Safari Jumat, Satlantas Polres Trenggalek Turunkan Polwan Bantu Pengamanan Masjid

oleh

Polres Trenggalek – Ada yang berbeda saat mengikuti Safari Jumat yang digelar oleh Satlantas Polres Trenggalek di Masjidal Fatah desa Sukorejo kecamatan Tugu. Beberapa Polwan Nampak berjaga didepan Masjid sembari mengatur lalulintas dan menyeberangkan masyarakat. Sementara para Polki (sebutan bagi Polisi Laki-laki) dipimpin oleh Kanitdikyasa Iptu Agustyo menjalankan ibadah Salat Jumat didalam Masjid.

Dua orang Polwan yakni Bripda Dyah Ayu dan Bripda Hanifah yang merupakan anggota Satlantas ini sengaja bergabung dalam Tim Safari Jumat sebagai perkuatan pengamanan sekaligus Gaktur lantas mengingat Masjid yang menjadi lokasi Safari Jumat tepat berada di depan jalan protokol.

“Iya betul. Polki-nya kan ikut Salat Jumat sehingga di jalan tidak ada petugas yang membantu mengatur lalulintas. Nah, Para Polwan inilah yang kami tugaskan melakukan pengamanan didepan.” Jelas Iptu Agustyo

Salah satu Polwan, Bripda Dyah Ayu menuturkan, dirinya justru sangat senang ditugaskan di depan masjid meskipun harus berdiri di tengah jalan dibawah teriknya matahari. Menurutnya, menjaga dan mengamankan masyarakat yang menjalankan Salat Jumat juga merupakan ibadah.

“Biar masyarakat yang akan salat Jumat atau yang menyeberang jalan juga merasa aman, nyaman dan menjadi lebih khusyuk” Ujar Bripda Dyah

Operasi Patuh Semeru 2018 sudah berjalan satu Minggu lebih. Waktu yang tersisa benar-benar dimanfaatkan jajaran Satlantas Polres Trenggalek untuk mengintensifkan sosialisasi tertib berlalulintas kepada masyarakat. Salah satunya adalah dengan menggelar Safari Jumat tersebut.

Dengan bertatap muka langsung, unit yang membidangi edukasi dan rekayasa lalulintas ini bisa berdialog dengan masyarakat sekaligus menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas. Tujuannya adalah agar tumbuh kesadaran tentang arti penting keselamatan berlalulintas.