Koordinasi Jelang Pelaksanaan Pengumuman Kelulusan SMK Negeri 1 Suruh

oleh

Polres Trenggalek – Guna mengantisipasi terjadinya hal hal yang tidak dinginkan terjadi pada saat pelaksanaan pengumuman kelulusan tingkat SLTA diwilayah Kecamatan Suruh, personil Polsek Suruh Polres Trenggalek yang dipimpin oleh Ps Kanit Provos Aiptu Sutikno, pada pagi ini Kamis (03/05) melaksanakan koordinasi dengan pihak SMK Negeri 1 Suruh sekaligus pengamanan pengumuman kelulusan SMK Negeri 1 Suruh.

Dalam kesempatan koordinasi tersebut Ps Kanit Provos Polsek Suruh Polres Trenggalek Aiptu Sutikno menyampaikan himbauan kepada Kepala sekolah dan para dewan Guru SMK Negeri 1 Suruh untuk disampaikan kepada para siswa dan siswi kelas XII, dalam merayakan kelulusan sebaiknya dilakukan syukuran secara sederhana dan tidak terlalu euoforia.

“Siswa dan siswi tidak boleh melakukan konvoi atau arak arak an dengan mengunakan sepeda motor karena bisa mengganggu ketertiban umum dijalan raya dan tidak melakukan aksi corat coret di baju dengan spidol sebagai cerminan generasi penerus yang intelek serta tidak boleh melakukan pesta minum minuman keras dan tidak melakukan hal hal yg bisa merugikan diri sendiri dan orang lain,” terang Aiptu Sutikno.

Ia juga menjelaskan bahwa para siswa siswi harusnya sekarang bisa berfikir untuk mempersiapkan diri, guna menyongsong masa depan yg lebih baik dan lebih pasti setelah menyelesaikan pendidikan, perayaan kelulusan lebih utama dilakukan dengan kegiatan kegiatan yang bermanfaat serta menyampaikan rasa bakti mereka kepada orang tua.

“Lebih baik pulang ke rumah dan sujud kepada orang tua yang telah membesarkan dan membiayai, sehingga mereka bisa menyelesaikan pendidikan ditingkat SMK,” pungkas Aiptu Sutikno.

Dalam kesempatan itu pihak SMK Negeri 1 Suruh melalui wakil Kepala Sekolah Sandayu, S. Pd, merespon dan antusias atas kehadiran dan himbauan dari pihak Polsek Suruh Polres Trenggalek, serta menyampaikan bahwa dalam pengumuman ini para siswa siswi telah dianjurkan oleh pihak sekolah untuk menunggu hasil kelulusan dirumah masing masing serta bagi yang tidak lulus nanti akan didatangi oleh perwakilan sekolah dan akan diberi surat, tetapi kalau sampai batas pukul 17.00 Wib tidak ada perwakilan yang kerumah para siswa dan siswi maka mereka dinyatakan lulus.

“Bagi siswa siswi yang tetap datang kesekolah untuk melihat pengumuman dan hasil nilai nantinya akan kami tampung dan kumpulkan disalah satu ruangan serta akan kami berikan pengarahan,” terang Sandayu, Spd.

Sementara itu Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP H Yasir WSD, SH ditempat terpisah mengatakan bahwa penting sekali dilaksanakan koordinasi dengan pihak sekolah guna mencegah dan mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan terjadi saat pelaksanaan pengumuman kelulusan serta mencegah para siswa siswi untuk tidak merayakan kelulusan secara berlebihan dengan harapan supaya tidak mengganggu kepentingan masyarakat lain, Polsek Suruh Polres Trenggalek menghimbau agar tidak ada konvoi atau pawai dalam rangka merayakan kelulusan.

“Pihak Kepolisian utamanya Polsek Suruh Polres Trenggalek akan melakukan kegiatan patroli dan pengamanan serta razia terhadap para pelajar yang melakukan konvoi, pawai, knalpot brong dan akan melakukan penindakan tegas bagi yang melanggar aturan lalu lintas di jalan raya,” terang Kapolsek Suruh AKP H Yasir.