Polsek Munjungan : Pantauan Langsung Polisi Pada ODGJ di Jalanan

oleh

Polres Trenggalek :  Kesabaran Bripda Frana Muda dalam menangani Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) diwilayah hukum Polsek Munjungan-Polres Trenggalek ini patut diacungi jempol, meski dibilang sebagai Polisi yang masih remaja namun Bripda Frana Muda sudah mampu mengaplikasikan tugas-tugas pokok Kepolisian. Berdinas sebagai Anggota unit Patroli Polsek Munjungan-Polres Trenggalek Bripda Frana Muda pada saat melaksankan Patroli jalan kaki dengan cekatan menghampiri dan mendata seseorang yang diduga mengalami gangguan jiwa (ODGJ), Kamis (03/05/2018) siang.

Dari hasil pendataanya seseorang yang diduga mengalami gangguan jiwa (ODGJ) tersebut bernama Sukro, sedangkan asal usulnya tidak begitu jelas dari mana. Atas temuanya tersebut Bripda Frana Muda dan Anggota Patroli Polsek Munjungan segera melaporkan ke pimpinan yang selanjutnya oleh Satpol PP Kecamatan Munjungan seseorang yang diduga ODGJ tersebut diobatkan sementara di Puskesmas Munjungan guna penanganan lebih lanjut.

Dalam konteks tersebut pendataan dan penanganan terhadap seseorang yang diduga mengalami gangguan jiwa (ODGJ) menjadi atensi tersendiri bagi Kepolisian di Republik Indonesia ini dan tentunya juga diwilayah hukum Polsek Munjungan-Polres Trenggalek, selain dipandang bisa meresahkan dilingkungan masyarakat tujuan lainya adalah untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas akibat isu yang beredar terhadap ODGJ akhir-akhir ini.

Kapolsek Munjungan melalui Kanit Reskrimnya Ipda Cikini membenarkan bahwa Kepolisian Sektor Munjungan telah membentuk tim gabungan yang bekerjasama dengan Dinas dan Instansi terkait dalam pendataan dan penanganan terhadap ODGJ yang ada diwilayah hukum Polsek Munjungan-Polres Trenggalek tersebut.(Red/AA)