Kumpulkan Petugas Pam TPS, AKBP Didit BWS Tegaskan Siap Mengamankan Pilkada Jatim 2018

oleh

Polres Trenggalek – Waktu pelaksanaan Pilkada Jawa Timur 2018 tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan jajaran Polres Trenggalek dalam mengamankan jalannya pesta demokrasi telah dilakukan jauh hari sebelumnya.

Untuk memastikan personel pengamanan benar-benar memahami tugas dan wewenangnya, Polres Trenggalek menggelar arahan kesiapan pengamanan tahapan pemungutan suara Pilkada Jatim 2018 di pendopo Manggala Praja Nugraha kabupaten Trenggalek. Rabu (02/05)

Hadir dalam acara tersebut, Plt. Bupati Trenggalek H.M. Nur Arifin, Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S. S.I.K., M.H., Dandim 0806 Letkol Inf. Dodik Novianto, S.Sos, Kajari Trenggalek, Ketua PN Trenggalek, Komisioner KPU dan Bawaslu, partai politik peserta pemilu, Muspika se-kabupaten Trenggalek, 3 pilar se kabupaten Trenggalek, dan sedikitnya 600 orang petugas Pam TPS dari TNI/Polri.

Pesta demokrasi, kata AKBP Didit, bukan saja tanggung jawab dari penyelenggara Pemilu melainkan semua pihak. Oleh sebab itu dibutuhkan kerjasama dan komunikasi yang baik antar stake holder, termasuk masyarakat sebagai pemilik hak pilih.

“Ada beberapa indikator Pilkada Jatim bisa sukses yakni, Pilar penyelenggara Pemilu netral, peserta siap kalah siap menang, tidak melakukan pelanggaran aturan Pemilu, masyarakat yang cerdas dan tidak mudah terprovokasi” Ucap AKBP Didit

Lebih lanjut AKBP Didit menuturkan, sebagai garda terdepan bidang Kamtibmas, pihaknya menyatakan siap mengamankan jalannya Pilkada jatim 2018 di kabupaten Trenggalek yang aman, tertib dan kondusif. Pilihan boleh berbeda tetapi persatuan harus tetap dijaga.

“Bersama dengan TNI dan unsur masyarakat lainnya, Kami Siap mengamankan Pilkada Jatim 2018” Tegasnya

Senada, Dandim 0806 Trenggalek Letkol Inf Dodik berharap peserta Pilkada mengutamakan sifat Legowo. Artinya, apapun hasil dari Pilkada Jatim, kalah atau menang tetap bisa menerima dengan lapang dada.

“Kondisi Trenggalek yang selama ini dikenal aman dan tentram harus kita jaga bersama-sama” ujar Letkol Inf. Dodik

Sementara itu, Plt. Bupati Trenggalek HM Nur Arifin menganggap perlu adanya sosialisasi secara masif dan komprehensif terhadap masyarakat khususnya yang memiliki hak pilih sehingga bisa mengurangi potensiterjadinya gangguan selama proses pemungutan suara. Ia pun berharap Pilkada jatim 2018 di Kabupaten Trenggalek dapat berjalan aman dan lancar.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Didit berkenan menyerahkan kendaraan Call Center yang nantinya akan digunakan untuk meningkatkan pelayanan publik secara mobile kepada tiga Polsek jajaran antara lain Perwira Penghubung kecamatan Kota AKP Suprapto, Kapolsek Karangan AKP Sutrisno dan Kapolsek Durenan AKP Solichin.