Dianggap Membahayakan, Truk Melebihi Muatan Ditindak Tim Sipeka Satlantas

oleh

Polres Trenggalek – Sebuah truk angkutan barang di tindak oleh tim Sipeka Satlantas Polres Trenggalek. Truk tersebut ditilang karena dinilai membahayakan diri sendiri dan orang lain serta melanggar batasan muatan dan dimensi kendaraan yang ditentukan. Rabu (02/05)

Truk berwarna kuning tersebut dihentikan petugas saat melintas di jalan rasa Trenggalek-Ponorogo masuk desa Nglongsor kecamatan Tugu. Bak Truk nampak penuh muatan karung berisi barang bekas (Rongsok) yang akan dibawa kota Tulungagung. Saking penuhnya hingga menonjol keatas dan belakang membuat volume truk menjadi tidak berimbang. Lebih besar muatan daripada badan truk itu sendiri.

Kanit Turjawali Satlantas yang juga merangkap Ketua Tim Sipeka Ipda Zainudin menjelaskan, muatan yang berlebih dan tidak sesuai dengan dimensi kendaraan tentu sangat membahayakan tidak hanya bagi pengemudi tetapi juga orang lain.

“Sangat berbahaya. Itu kalau tikungan tajam bisa terbalik. Belum lagi ketinggiannya bisa tersangkut kabel listrik atau rangting pohon.” Jelas Ipda Zainudin

“Iya, langsung kami tilang. Melanggar pasal Pasal 307 Jo Pasal 169 ayat (1) Undang-undang nomor 22 tahun 2009. Ancamannya pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak

Rp. 500.000,-“ Tegasnya

Berbicara tentang Tim Sipeka, Ipda Zainudin menerangkan, Sipeka merupakan singkatan dari Polisi Pencegah Kecelakaan. Tim yang beranggotakan 10 orang tersebut baru resmi dibentuk hari ini oleh Kasatlantas AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K. Tugasnya adalah meminimalisir angka pelanggaran dan kecelakaan lalulintas khususnya di daerah Trouble spot dan Black Spot.

Selain menindak pengendara yang mengabaikan faktor keselamatan, Tim Sipeka juga melakukan patroli dan razia hunting system di beberapa titik rawak pelanggaran dan kecelakaan. Hasilnya, 29 pelanggar lalulintas dintindak dengan tilang.